GELIAT PEMILU KADA KABUPATEN FAKFAK 2010

Massa Duduki KPU Fakfak

Puluhan massa duduki kantor KPU Fakfak. Massa yang datang dari berbagai wilayah Fakfak ini adalah pendukung pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Fakfak, Hamid Kuman dan James Jimy Nuhuway (akronim HAJI).

Sejak sore hari sebelumnya, massa mulai berkumpul di Sekretariat (Posko) Tim Pengusung (Rumah Hamid Kuman), yang terletak tidak jauh dari Kantor KPU Fakfak, hingga dini hari, puluhan massa mendatangi kantor KPU dan terus bertahan hingga sore hari itu.

Tidak ada aksi protes. Massa hanya menanti pengumuman hasil Rapat Pleno KPU Fakfak, Jumat (16/07), yang menentukan lolos tidaknya pasangan kandidat.

Sementara itu, puluhan anggota Polres Fakfak disiagakan mengantisipasi kemungkinan ricuh saat pengumuman KPU. Ketua dan anggota KPU hanya beberapa saat di kantor, sementara staf tidak beraktifitas seperti biasa.

Kegiatan KPU Fakfak dipindahkan ke Lantai 4 Hotel Grand Papua, dengan agenda Pengumuman dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan Kandidat peserta Pemilu KADA Fakfak 2010.

Pleno Penetapan Pasangan Kandidat Diwarnai Interupsi

Interupsi silih berganti terjadi saat Rapat Pleno KPU Kab. Fakfak yang digelar di Hotel Grand Papua Fakfak.

Beberapa saat setelah, Markus Krispul, Ketua KPU Kab. Fakfak yang memimpin Rapat Pleno, membacakan hasil-hasil verifikasi berkas pencalonan, peserta mulai menginterupsi.

Cliford Ndandaramana, Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung Pasangan Said Hindom-Ali Baham, memprotes KPU Fakfak karena tidak memperoleh pemberitahuan perolehan suara Pemilu Legislatif 2009. Cliford adalah Ketua Partai Amanat Nasional DPC Fakfak.

Namun menurut Krispul, KPU Fakfak hanya menyampaikan berkas perolehan suara kepada partai-partai yang berhasil memperoleh kursi dalam Pemilu Legislatif 2009 lalu.

Pembacaan penetapan KPU Fakfak akan terus berlanjut namun diinterupsi lagi oleh Amin Ngabalin, salah satu Kandidat Wakil Bupati.

Amin menduga adanya kompromi KPU Fakfak untuk meloloskan semua bakal calon.

Interupsi juga dilakukan pendukung Pasangan Latief Suaery-La Japa, dan oleh La Syahruddin dari PNI Marhaenis, pendukung pasangan Yoel Rohrohmana-Amin Ngabalin. Keduanya meminta pimpinan Rapat Pleno menyampaikan hasil lengkap verifikasi, tidak hanya jumlah perolehan suara setiap partai pengusung.

Menanggapi aksi interupsi ini, Markus Krispul, meminta peserta Rapat Pleno untuk tidak mengganggu proses. Markus mengisyaratkan penyelesaian administrasi suara partai dilakukan setelah Rapat Pleno ini.

KPU Fakfak akhirnya mengumumkan Penetapan Lima Pasang Bakal Calon menjadi Peserta Pemilu KADA Fakfak.

Rapat Pleno KPU Kab. Fakfak yang dilakukan di Meeting Room Hotel Grand Papua, juga dihadiri Muspida Kab. Fakfak. Sementara KPU Fakfka hanya mengundang Ketua dan Sekretaris partai-partai pengusung. KPU

Pleno KPU Kab. Fakfak Tetapkan Nomor Urut Pasang Kandidat Peserta KADA FAkfak

Usai Pengumuman Kelolosan Peserta Pemilu KADA Fakfak, Rapat Pleno KPU Kab. Fakfak berikutnya untuk penentuan Nomor Urut Pasangan Kandidat.

Masih dipimpin Ketua KPU Fakfka, Markus Krispul, setiap kandidat atau yang mewakili diarahkan untuk mengambil undian yang diletakan dalam bola kaca.

Pasangan Yoel Rohrohmana-Amin Ngabalin (akronim YONMA) mendapat nomor urut 2. Pasangan Said Hindom-Ali Baham Temongmere (akronim SAHABAT) mendapat nomor urut 5. Pasangan Hamid Kuman-James Nahuway (akronim HAJI) mendapt nomor urut 3. dan Pasangan Mohammad Uswanas-Donatus Nimbitkendik (MODO) memperoleh Nomor Urut 1, serta Pasangan Abdul Latief Suaery-Letkol (L) purn. La Japa La Unga (akronim ALALA) mendapat nomor urut 4.

Dijelaskan Markus Krispul, Ketua KPU Kab. Fakfak, setiap kandidat akan menyerahkan pasfoto dan nama jelas yang akan dicetak dalam Kertas Suara dan berkas-berkas lainnya.

Menurut Markus, usai penetapan nama dan nomor urut ini, KPU Fakfak akan mempersiapkan rencana kegiatan dalam masa kampanye. Markus berharap, Pemilu KADA Fakfak 2010 ini akan berlangsung damai, jujur dan adil.

Usai Rapat Pleno, pasangan kandidat bersama puluhan massa pendukung lalu berpawai keliling kota.

Massa Berpawai Usai Penetapan Nomor Urut Kandidat

Puluhan massa berkendaraan pawai keliling kota usai penetapan nomor urut calon peserta Pemilu KADA Fakfak. Massa mulai bergerak dari Hotel Grand Papua, setelah Rapat Pleno KPU Kabupaten Fakfak yang meresmikan lolosnya para pasangan calon untuk mengikuti Pemilu KADA Fakfak 2010.

Massa pendukung pasangan Mohammad Uswanas dan Donatus Nimbitkendik berpawai kelilling kota sebelum kembali ke Sekretariat Tim Kampanye menjelang malam. Sementara massa pendukung Hamid Kuman dan James Nahuway berpawai dari Hotel Grand Papua, disusul massa pendukung Said Hindom-Ali Baham Temongmere, kembali Posko Kampanye mereka, yang berdekatan.

Massa yang berpawai merayakan lolosnya kandidat mereka, dengan meneriakan nomor urut pasangan kandidat masing-masing.

(Alex Tethool)

35 thoughts on “GELIAT PEMILU KADA KABUPATEN FAKFAK 2010

  1. Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi – Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang/Jasa Pemerintah (Ujian Sertifikasi, HPS, Hkm. Kontrak) Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021 – 4300228, Hp : 081296326728
    Website : http://www.lekasdiklat.org

    Suka

  2. I am very proud of the development of the younger generation Fakfak today that showed a very significant increase, they have grown into a young generation of critical and have a good intellect in various aspects, but it makes us very sad fact that local governments do not show good faith to provide space for them to get together to explore their capabilities into something useful and beneficial to society Fakfak and regional economic growth. friends and relatives when you are outside the area is very potential and calculated by the citizens of the community in general. I hope the government must change the paradigm Fakfak potential approach to the younger generation as the beginning of the desire to build a comprehensive and Fakfak better future.

    I also invite friends in order to use the media as a vessel HMS Radio communication development, especially in expressing ideas they had, it’s something we should do for society is no longer trapped in a political interest group but can evolve over time and progress according to age. see just how great a potential resource in the district Fakfak but who cares, who wants to think, why be like that?

    my thanks to friends who are very proactive to exercise social control and give appreciation to the loyal HMS Radio update Fakfak election developments and other issues of social problems.

    ZAINAL ABIDIN BAY
    JAYAPURA

    Suka

  3. modem 3G tdk ada guna di kota fakfak..problemnya msh ttp pd kurangnya pandangan pmerntah daerah soal perkembangan global yg dpt kita ikuti lewat dunia CIBER..wkt thn 2009 sy pulkam ke fakfak,sinyalnya msh GPRS.sedangkan HSDPA msh blm.mudah2an pemenang pilkada thn ini org yg gemar berselancar di dunia maya….

    Suka

  4. Salam Damai Untuk kita Semua.

    Harapan saya mari kita dukung siapapun yang jadi Bupati.

    1.Mari kita tanya dan bertanya Siapa lagi yang mau bangun kita punya kota ini.
    2.Jadi mari kita dukung siapapun yang naik jangan kita terlalu sibuk dengan pilkada tapi mari kita dukung Bupati kita dengan memberi masukan-masukan yang baik bagi perkembangan daerah ini,karena daaerah yang paling tua di Papua adalah Fak-Fak mari kita bangun dengan ide-ide cemerlang.

    3.Harapan saya bagi Mahasiswa FF di seluruh Indonesia mari kita bergandengan tangan dan majukan terus FF sampei titik darah terakhir.

    4.Bagi para Calon Bupati terpilih jangan hanya diam saja di tempat tapi harus turun dan langsung lihat kondisi masyarakat di bawah.

    5.Kurangi Kunjungan Ke Jakarta dan tempat – tempat lain lihat sepanjang karir -karir Bupati yang ada di Fak Fak cuman Bapak Matondang yang punya ide membuat jalan tembus seberang itu contoh buat kita semua melihat kesuksesan beliu.

    6.Bukalah Mata Hati Untuk melihat semua ini dangan lebih Dewasa Untuk mengambil hikmat dari semua kejadian yang terjadi di masa lampau sebagai panuatan.

    Suka

  5. Kepada HMS Radio yang saya banggakan…..
    Insya Allah……mari kita sama-sama formulasikan secara tepat tentang bagaimana konsep memberdayakan ekonomi kerakyatan (grassroot economic empowerment) secara tepat berdasarkan ketersediaan Sumber Daya Alam yang ada dan mampu dikelola langsung oleh masyarakat adat.
    kita ajak semua pihak pemangku kepentingan (stake holder) untuk menelisik kembali kekuatan/potensi ekonomi kita.
    Masih ada beberapa potensi ekonomi yang cukup signifikan di kabupaten fakfak yang bisa kita creat dan setiap saat kita dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan pihak BPPT soal alih tekhnologinya. kita hanya membutuhkan kepemimpinan yang kreatif dan inovatif atau pemimpin yang berani buat terobosan (bukan soal-soal politik ya)

    kepada Crew HMS Radio dan kepada Seluruh Warga Masyarakat Kabupaten Fakfak, tete, nene, om-om, tante kakak, adik, dan teman temanku serta para pendengar setia HMS Radio..juga kepada seluruh masyarakat adat kabupaten fakfak…..
    Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin…selamat Lebaran Semoga Allah meridhoi dan memberi rahmat untuk kita semua…amien.
    dari saya yang lagi merindukan kota Pala Fakfak.
    by ZAB

    Suka

  6. Perlu diketahui..!!! bahwa harga dasar biji Pala di Pasar Dunia itu Rp. 320.000,-/Kg, (belum termasuk harga bunga pala yang jauh lebih tinggi). kalaulah kita berhitung pada produksi pala/musim difak-fak (menurut data pemkab) 450-500 ribu ton/tahun, maka coba anda hitung berapa sebenarnya penghasilan masyarakat adat dan PAD (suplementary budged) kabupaten Fakfak/Tahun…setidaknya pendapatan tsb akan jauh lebih besar dari APBD Kab. Fakfak.

    untuk mensejahterakan masyarakat dan mengup-grade suplementary budged daerah kita !! melahirkan
    Pertanyaan :
    1. maukah DPRD membuat regulasi/perda (political will) yang mampu memproteksi (affirmative act) kebijakan perdagangan Pala (mekanisme jual beli) dalam daerah sampai dengan pelabuhan/pasar tujuan ekspor (hulu s/d hilir);
    2. maukah Pemkab mendirikan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) sekaligus melakukan penyertaan modal Pemkab/dan atau dapat mengajak pihak ke-Tiga (operational share) untuk membeli Pala secara langsung dari masyarakat adat dan termasuk membangun sistim pengelolaan (comperehensive treatmean) dengan asas profitabilitas;
    3. maukah Pemkab dalam hal leading sector (dinas terkait: Pertanian & Perkebunan) melakukan supervisi langsung dan memberikan pendampingan kepada masyarakat adat untuk meningkatkan/mempertahankan produksi pala guna mempertahankan kemampuan supply and demand;
    4. maukah leading sector (dinas terkait : Perdagangan) menjajaki tujuan pasar export (market destination) atau membangun komunikasi pasar secara variatif yang langsung dengan pihak buyer (pembeli) di pasar internasional (bukan ke surabaya ya).

    kalau kita “mau” melaksanakan depend variable diatas
    maka dapat dibayangkan bahwa masyarakat adat kita akan menjadi masyarakat sejahtera dan makmur.
    bukankah itu tujuan pembangunan ??
    tapi ???. tks.

    by Zainal Abidin Bay

    Suka

  7. bang Zab, terima kasih atas komentarnya, sepertinya memang ada yang kurang dengan pengaturan masalah ekonomi di Fakfak… semoga ada solusi-solusi yang lebh konkret untuk mengembalikan kejayaan ekonomi Fakfak

    Suka

  8. bagi saya siapapun yang menjadi bupati adalah bupati kita semua orang fakfak dan ada kewajiban utk dihormati sebagai pemimpin kita, mari tinggalkan perdebatan-perdebatan semu yang cenderung membahayakan nilai-nilai kebersamaan yang menjadi kearifan lokal masyarakat adat fakfak dan kita perlu duduk sama-sama guna mencari perspektif-substansial bagaimana solusi-konklutif membangun fakfak kedepan. krn membangun fak-fak tidak menjadi tanggung jawab pemerintah daerah semata tetapi menjadi tanggungjawab kita semua terutama kalangan intelektual fakfak. sy masih percaya bahwa kejayaan ekonomi fakfak di era thn 70an dapat di gali kembali, masih ingatkah kita ketika kapal-kapal memuat (ekspor) palan (nutmeg) kita langsung kesingapore ? apa yg salah hari ini ? kenapa ditahun 70an para orang tua (pelaku buissness) dan pemerintah kita saat itu begitu kreatif ?!
    membangun keberdayan ekonomi kerakyatan menjadi sebuah kemutlakan dan ini membutuhkan kreatifitas kita semua termasuk Pemkab (lead sector) dan DPRD ffk. utk itu kita perlu: 1. kemampuan menciptakan/mengenforceabilty regulasi dan penerapan kebijakan yang berani serta berpihak kepada masyarakat adat melalui kebijakan affirmative act; 2. keberanian melakukan penyertaan modal pemkab dan atau pihak swasta (investasi) 3. perlu terobosan pasar secara aktif (running market communication) dan 4. Pasar (stage market).
    Insya Allah..
    By ZAB. Jayapura.

    Suka

  9. saya sepakat dengan saudaraku robhie, fakfak saat ini menjadi jauh tertinggal dalam ekonomi, politik dan hukum terutama penegakkan hukum untuk masyarakat. kita slalu tenggelam bahkan terjebak dalam perdebatan personal, tidak pernah ada kesadaran bahwa perlu adanya kolektifitas untuk mendiskusikan formula dan pola pembangunan yang tepat yang sustainable baik ekonomi maupun kehidupan sosial ekonomi masyarakat fak-fak. kita selalu terpesona dengan retorika politik person/grouping bahwa kondisi fakfak hari ini sudah baik tanpa indikator yang jelas. kedepan kita anak-anak fakfak sdh harus merancang sustainable economric development secara mengakar pada kemampuan SDA yang ada secara competitive dan marketable serta kepada penyelenggara kebijakan daerah agar kreatif mendorong keberdayaan ekonomi rakyat (nemeh mani) melalui grassroot economic development melalui sistim yang terpadu dari hulu kehilir. kreatifitas pejabat daerah ini bisa menjawab pernyataan ape robhie tokloy. By ZAB. jayapura

    Suka

  10. bang Robhie terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, kita harapkan semoga para calon bupati sempat juga membaca blog ini, sehingga bisa membuat fakfak menjadi lebih baik lagi..

    Salam

    Suka

  11. Apakah Saudara-Saudara Jamin Dengan Kandidat bupati Saudara2, Bisa merubah Potensi Ekonomi Daerah kabupaten fakfak? tunjukan apa potensi daerah selama ini yang dapat menciptakan insvestor asing bekerja sama dengan pemerintah! Yang saya tau sekarang adalah selama ini rakyat kaki abu itu semakin susah dan tidak ada cara untuk bisa mandiri hanya duduk dan diam menanti bantuan dari pemerintah. apakah ini proses pembelajaran untuk rakyat agar bisa mandiri??????

    Suka

  12. Salut dengan Berita dari Radio HMSFAKFAK walaupun terbatas , masih saja mengupload berita dari fakfak. saran saya tingkatkan Upload berita yang tepat dan akurat. salam Untuk Om Alex Tethol.

    Suka

    • Klu kami Siap Untuk Mendukung H’Ji Hamid Kuman Bersama Jimi, Karena dia Sdh Memberika Bukti Bukti-nyata. Kalu Ini Baru jelas……!!!..Yang lain Lewat……!!!!!

      Suka

  13. siapapun pemimpin Fak-fak nantinya, itulah amanat Masyarakat Fak-fak, jgn lupa teman2, bapa-bapa, ibu-ibu, nene-nene, tete-tete. pilih orang sesuai hati nurani kita sendiri, jgn pernah percaya kata orang lain. Demokrasi diri adalah expresi pembangunan Kab. Fak-fak.

    Suka

  14. Kompetisi yang sehat, pemilu aman dan damai sangat kita harapkan dan menjadi tanggung jawab bersama. …Jaya teruss Radio HMS fakfak… sukses selalu abg Alex.

    Suka

  15. jangan salah pilih calon pemimpin fak fak kedepan janganpilih yang belum teruji kemanpuannya,jangan tebar janji politik yang penting bukti dan salah satu kandidat yang sudah teruji dalam bapak Drs. Said Hindom.MSi beliau bertangan dingin tapi pasti, dan banyak ide ide pembaharuan menuju fak fak sejahterah,jadi kalu mau melihat fak fak maju jangna lupa menangkan said himdom, merdeka, insya allah bersama said fak fak bisa berubah bantu jo kita samua basudara.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s